Pembekalan dan Pelepasan PPL FTK UNIKS 2022, Rektor Harapakan Lulusan Berkompetensi SPRITUAL SEJATI 

Pembekalan dan Pelepasan PPL FTK UNIKS 2022, Rektor Harapakan Lulusan Berkompetensi SPRITUAL SEJATI 

Kuansing- Pembekalan dan pelepasan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Tahun 2022 dengan tema mewujudkan guru yang profesioanal dan berkarakter islami, di Aula FTK UNIKS, Selasa (18/10/2022).

Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes didamping oleh Wakil Rektor II Desriadi, S.Sos., M.Si dan Wakil Rektor III Afrinald Rizhan, SH., MH, Dekan FTK UNIKS Bustanur, S.Ag., M.Us, Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Alhairi, S.Pd.I., M.Pd.I yang juga selaku Ketua Panitia PPL FTK UNIKS tahun 2022, Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Kimia (PKM) Rosa Murwindra, S.Pd., M.Si, Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (P4M) FTK UNIKS Nofri Yuhelman, S.Pd., M.Pd beserta seluruh dosen dan pembimbing PPL mahasiswa FTK UNIKS. Adapun peserta PPL  ini adalah mahasiswa semester VII (tujuh) yang terdiri dari mahasiswa prodi PAI dan PKM sebanyak 55 orang mahasiswa.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini panitia menghadirkan pemateri yang handal dan memilki komptensi dalam pembelajaran yakni Drs. Zulkifli, M.Pd Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Kuantan Singingi (MANDAKU) dan Ikrima Mailani, S.Pd.I., M.Pd.I dosen tetap prodi PAI yang saat ini sedang menyelesaikan studi Program Doktor di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau. 

Alhairi, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Ketua Panitia Pelaksana PPL tahun 2022 menyampaikan bahwa kegiatan PPL ini merupakan salah satu kurikulum yang ada dimasing-masing prodi dengan bobot 4 SKS.

“Masa pelaksanaan PPL selama 2 bulan terhitung dari tanggal 20 Oktober sampai 20 Desember 2022, sebaran lokasi PPL tahun ini terdiri dari 12 satuan pendidikan tingkat SMA/MA/SMK/Sederajat yang terdapat di Kabupaten Kuantan SIngingi”, tuturnya.

Selain itu Bustanur, S.Ag., M.Us Dekan FTK UNIKS juga menyampaikan kepada seluruh peserta PPL untuk mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan serius sehingga ketika sudah berada di lapangan benar-benar mampu menjadi guru yang profesioanal dan berkarakter islami.

Nasihat yang diberikan kepada peserta PPL juga disampaikan oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dalam arahannya, beliau berpesan untuk menjadikan guru sebagai ujung tombak pembangunan suatu bangsa. Di samping itu, ia juga berpesan kepada peserta PPL untuk menjadi guru yang profesional dan ikhlas.

“Saya juga berharap lulusan kita ini berkompetensi SPIRITUAL SEJATI, dimana nilai SPIRITUAL itu adalah : Ilmu, Amal dan Sosial. Sedangkan SEJATI adalah : Sabar, Empati, Jujur, Adil dan Ikhlas”, harapnya.

Acara pembekalan ini dipandu oleh Nofri Yuhelman, S.Pd., M.Pd. dan Rosa Murwindra, S.Pd., M.Si selaku Moderator. Menurut para moderator peserta PPL tahun ini sangat bersemangat dalam mengikuti pembekalan PPL, pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan oleh peserta kepada narasumber terkait dengan materi yang disampaikan, sangat menarik dan antusias peserta juga terlihat pada penyampaian materi dari narasumber.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan cendramata dan sertifikat penghargaan kepada narasumber oleh ketua pelaksana PPL. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan temu ramah serta makan siang bersama di ruang makan FTK UNIKS.


Berita Lainnya

Index
Galeri